Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pelajaran Ppkn Materi Sila-Sila Pancasila Di Kelas 2 Upt Sdn 98 Gresik

Astutik, Mirda Widya (2023) Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pelajaran Ppkn Materi Sila-Sila Pancasila Di Kelas 2 Upt Sdn 98 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (100kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ILMIAH (2).pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari PTK ini adalah untuk meningkatan penguasaan konsep siswa melalui Penerapan Contextual Teraching And Learning (CTL) pada materi sila – sila pancasila pelajaran PPKn di kelas 2 UPT SDN 98 Gresik. Peneliitian Tindakan Kelas (PTK) dirancang dalam siklus melalui empat tahapan siklus penelitian tindakan adalah sebagai berikut: 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. teknik Analisis data menggunakan data awal penguasaan konsep siswa sebelum diterapkan CTL dan hasil penguasaan konsep siswa setelah menerapkan CTL. Hasil pada perencanaan adalah peneliti menemukan masalah yang ada di kelas tersebut yaitu rendahnya penguasaan konsep pada pelajaran PPKN materi sila-sila pancasila. Kemudian peneliti melakukan Pre Test untuk mengetahui hasilnya dan hasilnya belum memenuhi minimal kriteria baik dengan presentase yang telah ditentukan. Lalu, peneliti menggunakan CTL untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pelajaran PPKN materi sila-sila pancasila. Pada tahap pelaksanaan selama proses pembelajaran sebanyak 1 siklus sesuai dengan dokumentasi proses pembelajaran berlangsung. Peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat. Pada tahap pengamatan oleh observer kegiatan guru dikategorikan tuntas karena mencapai minimal 75% berdasarkan tabel 4.1 tercapai dengan hasil 85,7%. Sedangkan berdasarkan tabel 4.2 aktivitas siswa selama proses pembelajaran memperoleh nilai 83,3% atau sebanyak 25 siswa yang tuntas, sedangkan 5 orang siswa belum tuntas atau 16,7% maka hasil tersebut dikategorikan tuntas karena lebih dari 75%. Pada tahap refleksi yaitu agar pembelajaran menjadi lebih baik dan efisien, kekurangan pada siklus I harus diperbaiki pada siklus II. Jika siklus 1 sudah mencapai lebih dari minimal kriteria baik dengan presentase 75%. Maka siklus bisa di berhentikan. Aktivitas guru berdasarkan pada tabel 4.1 dalam proses pembelajaran tercapai dengan hasil 85,7% dengan nilai baik. Guru menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan langkah-langkah yang telah ditentukan. %. Sedangkan berdasarkan tabel 4.2 aktivitas siswa selama proses pembelajaran memperoleh nilai 83,3% atau sebanyak 25 siswa yang tuntas, sedangkan 5 orang siswa belum tuntas atau 16,7% maka hasil tersebut dikategorikan tuntas karena lebih dari 75%. Dari PTK ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) 1 siklus dapat meningkatkan penguasaan konsepsiswa pada materi sila-sila pancasila di SD kleas 2.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Mirda Widya Astutik
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:09
Last Modified: 11 Oct 2023 03:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item