Pengembangan Media Card Sort Berbasis Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis Pekerjaan Penghasil Barang Dan Jasa Kelas IV Sekolah Dasar

Fadilah, Muflichatus Nur (2023) Pengembangan Media Card Sort Berbasis Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis Pekerjaan Penghasil Barang Dan Jasa Kelas IV Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman pernyataan orisinalitas.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Halaman persetujuan skripsi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Halaman persetujuan publikasi karya ilmiah.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran card sort berbasis mind mapping untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan pembelajaran card sort berbasis mind mapping melalui teknik validitas media dan materi anget respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model 4-D melalui hanya tiga tahapan yang dilakukan yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop). Media card sort berbasis mind mapping divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil analisis validasi dari kedua ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 92,5% dikategorikan sangat valid dan hasil validasi dari kedua ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 93,75% dikategorikan sangat valid. Media card sort berbasis mind mapping diuji cobakan pada kelas IV UPT SD Negeri 84 Gresik. Uji coba yang telah dilakukan diperoleh hasil dari angket respon peserta didik sebanyak 16 peserta didik setelah dilakukannya analisis didapatkan persentase rata-rata dari respon keseluruhan peserta didik sebesar 98,75% yang dikategorikan sangat baik. Media card sort berbasis mind mapping dapat dikatakan layak setelah validasi media juga materi dan dapat dikatakan efektif setelah melakukan uji coba dengan adanya hasil angket respon peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Card Sort, Mind Mapping, IPS
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Muflichatus Nur Fadilah
Date Deposited: 13 Mar 2024 06:02
Last Modified: 13 Mar 2024 06:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9727

Actions (login required)

View Item View Item