Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MI Matholi’Ul Falah Dungus Gresik

Indriani, Vivi Nur (2024) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di MI Matholi’Ul Falah Dungus Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. Halaman pernyataan orisinalitas (keaslian).pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar pengesahan.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman judul.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 2.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 3.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi GLS di MI Matholi’ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik. Serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi GLS di MI Matholi’ul Falah Desa Dungus, Cerme Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Matholi’ul Falah. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5, dan 6 peserta didik kelas 5. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Matholiul Falah masih dalam tahap pembiasaan. Hal itu dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Selain itu minat membaca peserta didik di sekolah tersebut masih rendah. Peneliti menemukan faktor pendukung dalam implementasi GLS yaitu kepala sekolah yang berkomitmen untuk melaksanakan program literasi sekolah. Di samping itu peneliti menemukan faktor penghambat yaitu kurangnya sarana prasarana, bahan bacaan yang kurang bervariasi, minat baca peserta didik yang rendah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, GLS, Sekolah Dasar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Vivi Nur Indriani
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:32
Last Modified: 02 Apr 2024 03:32
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item