Akhiroh, Mazro'atul (2021) Pengaruh Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
2021_TA_PMTK_16421004_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (813kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang sangat penting. Kemampuan pemahamna konsep sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan pemahaman konsep peserta didik akan lebih mudah untuk memahami prinsip dan teori-teori. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika ini dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya. Seperti gaya kognitif dan minat belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Gresik yang berjumlah 57 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini satu kelas berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes GEFT, angket minat belajar dan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis, yaitu : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai t sebesar 7,638 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai t sebesar 3,280 dengan taraf signifikan 0,003 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kognitif dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai F 97,461 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya kognitif, minat belajar, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Mazro'atul Akhiroh |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:44 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10429 |
Actions (login required)
View Item |