Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS UPT SD Negeri 74 Gresik

Aulia, Aidah Raihanah Fitri (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS UPT SD Negeri 74 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Halaman Pernyataan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_Lembar Persetujuan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Halaman Judul.pdf

Download (388kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Bab 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Bab 2.pdf

Download (395kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Bab 3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Bab 5.pdf

Download (230kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_200404072_ Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk meneliti hubungan sebab akibat yang timbul dari adanya perlakuan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-T. Dalam penelitian ini populasi yang diambil yaitu siswa kelas V UPT SD Negeri 74 Gresik tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 40 peserta didik. Sampel diambil melalui pretest dan posttest Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan hubungan variabel model pembelajaran Inside Outside Circle (X) dengan variabel hasil belajar (Y) memiliki hasil perhitungan dengan menggunakan uji t-independent dengan taraf signifikan 0,005 diperoleh hasil 0,006 <0,05 dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inside Outside Circle, IPS
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: A'idah Raihanah Fitri Aulia
Date Deposited: 21 May 2024 02:41
Last Modified: 21 May 2024 02:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item