MENINGKATKAN KEMAMPUAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE KELAS III SDN KEMBANGAN

HIDAYAH, NURUL (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE KELAS III SDN KEMBANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari informasi rendahnya kemampuan deskripsi peserta didikdalam pembelajaran. Peserta didik kurang menggali imajinasi mengelolah kata ketika mendeskripsikan dikarenakan pembelajaran dengan metode ceramah yang didominasi oleh guru terkesan membosankan dan monoton. Selain itu kurangnya variasi model pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan deskripsi peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pengamatan (observing), pelaksanaan (acting), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik wawancara, tes, observasi, dokumentasi. Penerapan model kooperatif tipe scramble menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan deskripsi karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan mendapatkan respon positif dari siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasi belajar siklus 1 sebesar 65 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85 %. Pada siklus 1 dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang tuntas sebanyak 7sehingga nilai yang didapat belum mencapai indikator keberhasilan lalu meningkat pada siklus II sebanyak 17 peserta didik dan telah mencapai indikator keberhasilan sesuai KKM.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 17 May 2019 05:37
Last Modified: 17 May 2019 05:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item