Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul

Pangestika, Dian (2023) Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah setelah melakukan pembelajaran secara mandiri menggunakan e-modul. Teori dasar yang digunakan yaitu teori kompetensi strategis milik Kilpatrick. Adapun aspek kompetensi strategis matematis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi siswa dalam merumuskan, merepresentasikan, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan yakni 3 siswa kelas VIII B SMP Islam Manbaul Ulum yang terdiri dari masing-masing 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek didasarkan pada rata-rata nilai Penilaian Harian (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) siswa. Instrumen yang digunakan berupa e-modul SPLDV untuk pembelajaran mandiri, tes kompetensi strategis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi strategis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang telah memenuhi semua aspek, diantaranya merumuskan masalah dengan membaca dan verbal; merepresentasikan masalah dengan membuat persamaan dan simbolik; serta menyelesaikan masalah secara analitik. Kompetensi strategis matematis siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu melakukan aspek merumuskan yakni dengan membaca dan verbal. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu melakukan aspek merepresentasikan masalah, akibatnya tidak mampu pula dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Dian Pangestika
Date Deposited: 01 Apr 2024 22:11
Last Modified: 01 Apr 2024 22:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item