MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS IV MI TARBIYATUL MUWAHHIDIN MOROWUDI CERME GRESIK

IRFANI, MUHAMMAD (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS IV MI TARBIYATUL MUWAHHIDIN MOROWUDI CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini adalah mata pelajaran matematika untuk materi operasi hitung dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV MI Tarbiyatul Muwahhidin Morowudi Cerme Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas IV di MI Tarbiyatul Muwahhidin Morowudi Cerme Gresik yang berjumlah 21 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan tes tulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan mulai dari tes wal hingga tes akhir. Pada tes awal terdapat 8 peserta didik (38,10%) yang telah memenuhi KKM dan 13 peserta didik (61,90%) yang belum. Selanjutnya peneliti memberikan pendekatan CTL pada Siklus I pertemuan pertama dan kedua, didapat peningkatan. Selanjutnya pada tes akhir didapat 19 peserta didik (90,48%) yang telah memenuhi KKM dan hanya 2 peserta didik (9,52%) yang belum memenuhi KKM. Dari hasil Pre-Test hingga Post-Test, peserta didik yang sudah KKM meningkat 52,38%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 25 Jun 2019 12:53
Last Modified: 25 Jun 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item