Arisandi`, Tio (2025) Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Trasportasi Umum Bus Trans Jatim Koridor 3 Terhadap Kinerja Operasional Dan Pelayanan (Studi Kasus: Rute Mojokerto-Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_HALAMAN JUDUL.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_BAB 1.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_BAB 2.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_BAB 3.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_BAB 5.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
2025_TA_SPL_210607032_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Transportasi memainkan peran penting dalam mobilitas individu maupun barang, serta menjadi kebutuhan publik yang membutuhkan perhatian serius. Pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam menyediakan layanan transportasi yang efisien, aman, nyaman, dan terjangkau melalui pengembangan infrastruktur serta regulasi yang mendukung. Penelitian ini mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja dan pelayanan Bus Trans Jatim Koridor 3, yang melayani rute Mojokerto-Gresik. Penelitian diawali dengan melakukan survei dan pengumpulan data lapangan seperti waktu tempuh, waktu antara, kecepatan perjalanan, dan waktu tunggu. Data yang terkumpul akan dianalisis yaitu analisis faktor muat, waktu tempuh, analisis waktu antara, kecepatan perjalanan, waktu tunggu, dan frekuensi kendaraan. Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis berdasarkan SK.687/AJ.206/DRJD/2002 menunjukkan hasil yang sebagian besar memenuhi kriteria yang ditetapkan. Waktu tempuh rata-rata perjalanan adalah 107 menit, lebih rendah dari batas maksimum 120 menit, dan kecepatan rata-rata 34,49 km/jam melebihi kecepatan minimal 25 km/jam untuk wilayah dengan kepadatan rendah. Waktu tunggu penumpang tercatat 7,31 menit, jauh di bawah batas maksimum 15 menit, sementara frekuensi keberangkatan mencapai 4 kendaraan per jam. Namun, beberapa indikator tidak memenuhi syarat, seperti load factor sebesar 31,63% (lebih rendah dari 70%) dan waktu headway 14,63 menit (lebih tinggi dari rentang 5-10 menit). Jumlah penumpang juga hanya mencapai 75 orang, jauh dari target 500 penumpang. Meskipun demikian, tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan bus secara keseluruhan sangat baik, dengan rata-rata nilai capaian 85,32%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Bus Rapid Transit (BRT), evaluasi kinerja,trans jatim |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | Tio Arisandi |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 05 May 2025 04:07 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |