Ardhana, Achmad Dicky (2025) Meningkatkan Disiplin Belajar: Eksplorasi Penerapan Token Economy Pada Siswa. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (859kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Manyar melalui penerapan teknik Token Economy. Disiplin belajar didefinisikan sebagai kemampuan siswa untuk mematuhi aturan dan menyelesaikan tugas selama proses pembelajaran. Teknik Token Economy adalah metode modifikasi perilaku dengan memberikan Token sebagai penguatan positif yang dapat ditukar dengan hadiah untuk mendorong perilaku yang diinginkan.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain Pre-Test dan Post-Test, melibatkan tiga siswa yang dipilih secara purposive Sampling berdasarkan tingkat disiplin belajar rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala likert untuk mengukur disiplin belajar, sedangkan analisis data dilakukan dengan Uji Wilcoxon menggunakan perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor disiplin belajar setelah intervensi, meskipun tidak signifikan secara statistik. Penggunaan Token berupa Stiker dan hadiah seperti alat tulis berhasil memotivasi siswa untuk mematuhi aturan, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan menjaga kebersihan kelas. Kesimpulannya, teknik Token Economy dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan disiplin belajar, terutama jika diterapkan secara konsisten. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung pembentukan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar,Token Economy |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Achmad Dicky Ardhana |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:56 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |