Rahayu, Retno Muji (2025) Meningkatan Pemahaman Materi Perbandingan Bilangan Pecahan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas 4 SDN Pelang Kidul 3. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_HALAMAN JUDUL.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_BAB 1.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_BAB 2.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_BAB 3.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_BAB 5.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
2025_TA_PGSD_230404096_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dari PTK ini merupakan siswa kesulitan dalam menekuni bilangan pecahan disebabkan rata- rata siswa tidak pernah memperoleh pengetahuan konseptual pada bilangan pecahan. Sedangkan itu, memahami bilangan pecahan ialah Mengenai yang sangat esensial. Kala siswa membandingkan bilangan pecahan dengan angka pembilang sama berpenyebut beda, siswa SDN Pelang Kidul 3 dari mereka memandang angka penyebut yang lebih besar buat membenarkan bilangan pecahan yang lebih besar maupun yang lebih kecil. Begitu pula dengan bilangan pecahan yang angka pembilang beda berpenyebut sama hanya memandang nilai angka yang besar maupun kecil saja. Studi aksi kelas ini bertujuan buat mengidentifikasi peningkatan penjelasan konsep materi perbandingan bilangan pecahan pada siswa- siswi kelas 4 SDN Pelang Kidul 3 melalalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Riset yang digunakan merupakan Peneliitian Aksi Kelas (PTK) yang dirancang dalam 4 siklus. Tahapan siklus riset aksi merupakan selaku berikut: 1) merancang, 2) melakukan, 3) observasi, serta 4) refleksi. Instrument yang digunakan studi ini mengunakan lembar observasi guru buat mengamati keterlaksanaan proses belajar mengenakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan mengenakan instrument uji essay yang digunakan buat memandang hasil belajar yang digunakan buat memandang hasil belajar yang diperoleh siswa sehabis pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Bersumber pada hasil analisis data studi diketahui bahwa penelitian aksi kelas yang dicoba sebanyak 2 siklus dimana dengan jumlah 11 siswa yang nilainya meningkat dari tiap- masing- masing siklus. Pada siklus I dengan persentase ketunasan 45, 45% maupun 5 siswa dari 11 siswa yang sudah faham materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama dengan nilai rata- rata 65, 45. Sehabis itu pada siklus II hasil persentase ketuntasan naik jadi 90, 91% maupun 10 siswa dari 11 siswa yang sudah faham materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama dengan nilai rata- rata 84. 55. Kesimpulannya yakni dengan mengenakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat tingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi perbandingan pecahan penyebut sama dan pembilang sama di kelas IV SD Negeri Pelang Kidul 3.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika SD, Konsep Matematika, Pecahan, Perbandingan Pecahan, Realistic Mathematics Education (RME) |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Retno Muji Rahayu |
Date Deposited: | 06 May 2025 04:35 |
Last Modified: | 06 May 2025 04:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |