Pengaruh Media Video Animasi Dua Dimensi (2D) Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air

Hapsari, Auliya Puteri (2025) Pengaruh Media Video Animasi Dua Dimensi (2D) Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengaruh Media Video Animasi Dua Dimensi (2D) Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Dosen Pembimbing (1) Iqnatia Alfiansyah, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media video animasi dua dimensi (2D) terhadap hasil belajar IPAS materi siklus air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Desain dalam penelitian ini yaitu non-equivalent control group design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas, kelas eksperimen yaitu kelas V B dilakukan pembelajaran menggunakan media video animasi dua dimensi (2D) dan kelas kontrol yaitu kelas V A dilakukan pembelajaran tanpa mengunakan media video animasi dua dimensi (2D). Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V A dan V B UPT SD Negeri 57 Gresik sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada uji Independent Sample T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti ≤ 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti terdapat pengaruh media video animasi dua dimensi (2D) terhadap hasil belajar IPAS materi siklus air.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Video animasi, Hasil belajar, Siklus air
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Auliya Puteri Hapsari
Date Deposited: 07 May 2025 03:27
Last Modified: 07 May 2025 03:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item