Putri, Ahmadah Yustica (2025) Pengembangan Media Gapinsa Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Kelas V Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_AHMADAH YUSTICA PUTRI_PGSD.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Gapinsa mata pelajaran Matematika materi pengukuran di kelas V. Media yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat dijadikan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian dilakukan di UPT SD Negeri 248 Gresik pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau disebut R&D dengan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui informasi atau kebutuhan peserta didik di dalam kelas, dokumentas untuk memperkuat bukti saat kegiatan penelitian, validasi untuk menguji coba kelayakan media dan angket untuk mengetahui respon dari media pembelajaran terhadap media yang dikembangkan. Subjek penelitian yang dilakukan berjumlah 36 peserta didik yang terdiri 20 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui pengembangan media pembelajaran Gapinsa materi pengukuran telah melalui uji kevalidan di antaranya yaitu tahap validasi ahli media mendapatkan skor 85% dalam kategori “Sangat Valid” dan untuk validasi ahli materi mendapatkan skor 93% dalam kategori “Sangat Valid”. Skor yang didapatkan dari angket respon peserta didik memperoleh skor 95,2% dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga media gapinsa dapat disimpulkan bahwa media gapinsa materi pengukuran dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung dan mendapat respon baik oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Pembelajaran, Model ADDIE, Gapinsa |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Ahmadah Yustica Putri |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:08 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:08 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |