Afifah, Novi Zumrotul (2024) Pengembangan Pop Up Book Hewan Vertebrata dan Invertebrata Pesisir Pantai Gresik untuk Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Skripsi.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (690kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Novi Zumrotul Afifah (200404003) Pengembangan Pop Up Book Hewan Vertebrata dan Invertebrata Pesisir Pantai Gresik Untuk Sekolah Dasar. ( Dibimbing oleh Nataria Wahyuning Subayani, M.Pd., dan Ismail Marzuki, S.Ag., M.Pd., ) Hasil observasi peserta didik kelas V di UPT SD Negeri 66 Gresik diketahui bahwa membutuhkan media pembelajaran yang dapat menunjang materi hewan vertebrata dan invertebrata khusus wilayah Gresik. Hal itu di sebabkan karena masih digunakannya buku teks sebagai bahan untuk kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut yabg melatsr belakani penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa Pop Up Book yang khas di wilayah pesisir gresik, hal ini diharapkan dapat menarik dan memudahkan siswa menemukan contoh hewan di lingkungan sekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, validasi media dan validasi pembelajaran, angket respon peserta didik dan tes kemampuan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode ADDIE yaitu, Analisis (Analysys), perencanaan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implemention), dan evaluasi (Evaluation). Data dianalisis dengan analisis kevalidan, efektifitas dan respon pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pop Up Book memiliki nilai valid dari ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai rata-ratanya 90%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book dapat digunakan sebagai media penunjang proses belajar mengajar. Sedangkan hasil rata-rata nilai siswa yang diperoleh meningkat diatas KKM yaitu 90. Dari hasil yang didapat maka media pop up book yang dipakai dinyatakan sangat layak atau sangat efektif. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh hasil 90% dan dikategorikan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pop Up Book, Pesisir Gresik |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Novi Zumrotul Afifah |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |