Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Status Ekonomi Sosial Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Kelas XI di MAN 1 Gresik Tahun Ajaran 2024 / 2025

Fitri, Ella Nazilatul (2025) Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Status Ekonomi Sosial Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Kelas XI di MAN 1 Gresik Tahun Ajaran 2024 / 2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (476kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (576kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (849kB)
[img] Text
5. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global, namun minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII SMA yang dipilih secara proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan, prestasi belajar juga berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan status sosial ekonomi orang tua berkontribusi cukup besar terhadap keputusan siswa. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya dukungan motivasi, pencapaian akademik, dan kondisi ekonomi keluarga dalam mendorong siswa melanjutkan pendidikan..

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi, Status Ekonomi, Minat, Pendidikan
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Ella Nazilatul Fitri
Date Deposited: 12 Sep 2025 06:26
Last Modified: 12 Sep 2025 06:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item