Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Menurut Novan Ardy Wiyani

Sardi, Melan Damayanti (2021) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Menurut Novan Ardy Wiyani. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademik.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Halaman Judul.pdf

Download (512kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Bab 1 .pdf

Download (197kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Bab 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Bab 3.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Bab 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2021_TA_170501027_Lampiran.pdf

Download (245kB)

Abstract

Problematika yang dihadapi oleh lembaga pendidikan saat ini berkenaan dengan dekadensi moral yang dialami para siswanya. Pada usia remaja, siswa SMA membutuhkan lebih banyak pengetahuan, dan pengalaman hidup untuk membentuk karakter diri. Pendidikan Agama Islam masuk dalam kelompok mata pelajaran wajib, yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi serta menanamkan nilai-nilai ajaran Islam dalam diri siswa. Dengan demikian, PAI memiliki andil besar bagi pembentukan karakter siswa. Namun, dalam pelaksanaannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini nampaknya kurang berpusat pada pembentukan nilai dalam diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari fenomena yang kerap terjadi, mengenai kasus kenakalan hingga kriminalitas yang dilakukan oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif Novan Ardy Wiyani dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam agar dapat membentuk karakter siswa di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan isi kepustakaan atau library research. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan telaah dokumentasi, yang berasal dari jurnal, buku, karya cetak serta karya digital lainnya, yang dihimpun dan disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mata pelajaran PAI lebih kompleks dibanding mata pelajaran lainnya, karena tidak hanya berada pada dimensi logika, dan kognitif, tetapi juga memasuki dimensi privat, dan sacral, sehingga perlu dikembangkan menjadi kurikulum yang komprehensif. Novan Ardy Wiyani dalam bukunya yang berjudul “Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter" membagi tiga poin penting dalam proses penyelenggaraan mata pelajaran PAI yakni, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian. Sehingga tujuan adanya pembelajaran menjadi jelas dan tak hanya sekadar menyelesaikan tugas untuk menyampaikan materi, tetapi juga mendidik para siswa dengan membentuk dan mengembangkan potensi/ karakter dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa SMA.
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Melan Damayanti Sardi
Date Deposited: 24 Nov 2025 10:19
Last Modified: 24 Nov 2025 10:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item