Sa’diyah, Halimatus (2025) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas V Di UPT SDN 12 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (17MB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (12MB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf Download (64kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (454kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (414kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial siswa kelas V di UPT SDN 12 Gresik. Kecerdasan emosional berperan penting dalam membangun interaksi sosial, karena memungkinkan siswa untuk mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosinya dengan baik dalam hubungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design dalam bentuk quasi experiment dengan sampel sebanyak 24 siswa. Data dikumpulkan melalui angket kecerdasan emosional dan angket interaksi sosial, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-paired, serta analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata kecerdasan emosional dari 70,65 menjadi 86,76 dan interaksi sosial dari 73,45 menjadi 84,01 setelah diberikan perlakuan. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap interaksi sosial dengan nilai R = 0.522 dan p = 0.011. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin baik pula interaksi sosialnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah lebih memperhatikan pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui metode pembelajaran berbasis aktivitas sosial serta pelatihan kecerdasan emosional dalam kurikulum. Guru dan orang tua juga berperan dalam membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilan emosional mereka, sehingga dapat membangun interaksi sosial yang lebih baik. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial, Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial, Sekolah Dasar |
| Subjects: | Education Primary and secondary education |
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
| Depositing User: | Halimatus Sa'diyah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:39 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
