PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII di SMP NEGERI I KEBOMAS

SAPUTRI, ISMAWATI DWI (2017) PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII di SMP NEGERI I KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
07 ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar tang baik. Dengan adanya motivasi dan kemandirian belajar peserta didik dapat menyelesaikan tugas tanpa menggantungkan orang lain. Dalam motivasi dan kemandirian belajar terdapat lima faktor didalamnya yaitu self eficacy, intrinsic value, tes anxiety, cognitif strategi use dan self regulation. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar (self rrgulated learning) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas yang berumlah288 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%,maka jumlah sampel sebanyak 167peserta didik namun dikarenakan ada satu hasil yang tidak valid, maka peneliti hanya mendapatkan 166 sampel. Instrumen yang digunakan adalah angketmotivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) dan tes hasil belajar matematika. Hasil perhitungan regresi linier berganda pada masing – masing variabel x memiliki nilai sig 0,000 sehingga sig. <a (a = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan secara parsial self eficacy, intrinsic value, tes anxiety, strategy cognitif use, dan self regulation masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas. Didapatkan juga hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda Y = 0,177 + 0,318X_1 + 0,349X_2 + 0,713X_3+0,223X_4+0,316X_5. Dari hasil uji F didapatkan nilai nilai sig. (P-Value) yaitu 0.000, sehingga sig. <a (a = 0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan self eficacy, intrinsic value, tes anxiety, strategy cognitif use, dan self regulationbersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematikapeserta didik kelas VII diSMP Negeri I Kebomas, yang berarti juga bahwa motivasi dan kemandirian belajar (self regulated learning) berpengaruh terhadap hasil belajar matematikapeserta didik kelas VII di SMP Negeri I Kebomas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:01
Last Modified: 07 Aug 2019 02:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item