PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII B MTs NEGERI GRESIK

SHOLEH, MOHAMMAD (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII B MTs NEGERI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3_Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3_awalan_bab1.pdf

Download (79kB)
[img] Text
3_BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
4_awalan bab 2.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4_BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5_awalan_bab3.pdf

Download (52kB)
[img] Text
5_BAB III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
awalan BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
awalan BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam mempelajari geometri adalah dengan model pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif, karena peneliti berusaha mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran geometri, tingkat berpikir siswa dan motivasi siswa pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VII B karena sesuai dengan materi pada pelaksanaan penelitian dan saran dari guru yang tepat untuk melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS, maka pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik adalah baik, untuk tingkat berpikir siswa kelas VII B MTs Negeri Gresik setelah penerapan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat secara berturut-turut adalah 36,84%, 39,47, dan 0% responden pada tingkat visualisasi, analisis, dan abstraksi, sedangkan untuk motivasi siswa selama penerapan pembelajaran Van Hiele dengan strategi motivasi ARCS pada materi segiempat di kelas VII B MTs Negeri Gresik adalah baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: MOHAMMAD SHOLEH (08422001)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Geometri, Teori Van Hiele, Strategi motivasi ARCS dan Hasil belajar
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 27 Aug 2019 12:01
Last Modified: 27 Aug 2019 12:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item