PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI INDRO

CHAFIDHO, IDDHO (2020) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI INDRO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode mind mapping pada peserta didik kelas 5 SDN Indro. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Indro, Jln. Kapten Darmosugondo XII/50, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SDN Indro dengan jumlah 31 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan jumlah 5 kali pertemuan. Pada penelitian ini hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang diperoleh pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 89% dengan kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik memperoleh persentase 79% dengan kriteria baik tetapi belum mencapai indikator keberhasilan, sedangkan persentase hasil belajar siklus I sebesar 77,4% yang artinya belum dapat mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Setelah dilakukan perbaikan lebih lanjut pada siklus II peneliti berhasil memperoleh data yang diharapkan yaitu aktivitas guru memperoleh persentase 97% dengan kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik memperoleh persentase 84,6% kriteria sangat baik, dan hasil belajar pada siklus II diperoleh persentase 90,3% yang berarti 28 peserta didik yang telah melampaui ketuntasan dari 31 peserta didik. Penelitian ini berhenti pada siklus II pertemuan ke 2. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan metode mind mapping dengan modivikasi prosedur yang tanpa mengurangi esensinya dapat mendukung dan memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan hasil belajar peserta didik serta menambah keberagaman penerapan metode pembelajaran di Sekolah Dasar. Sedangkan untuk penerapan dalam pembelajaran, modivikasi prosedur metode mind mapping ini dapat memberikan ruang untuk semakin meningkatnya kualitas metode mind mapping. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan modivikasi yang berbeda sehingga dapat menambah variasi penerapan metode dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:46
Last Modified: 20 Apr 2020 04:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3430

Actions (login required)

View Item View Item