Ariza, Trias Fitri (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN ISI CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS Fixx.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN Fixx.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI Fixx.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL Fixx.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Fix.pdf Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Fixx.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Fixx.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV Fixx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V Fixx.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Fixx.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN Fixx.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Trias Fitri Ariza (NIM. 16441047) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Isi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Dibimbing oleh Bapak Arya Setya Nugroho, M.Pd dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi cerita anak melalui penerapan model pembelajaran CIRC pada peserta didik kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes yang berupa lembar tes evaluasi individu. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 25 Gresik yang berjumlah 26 peserta didik. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis ringkasan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita dengan mengerjakan lembar tes evaluasi individu. Hal ini dapat dilihat dari Presentase ketuntasan klasikal sebelum menggunakan CIRC (50%), sesudah menggunakan CIRC (88%), sedangkan persentase rata-rata kemampuan menulis ringkasan peserta didik sebelum menggunakan CIRC (70,3), dan sesudah menggunakan CIRC (83,6). Sementara ketuntasan kemampuan menulis ringkasan sebelum menggunakan CIRC terdapat 13 peserta didik, dan sesudah menggunakan CIRC terdapat 23 peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan isi cerita anak pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci: Model CIRC, keterampilan menulis ringkasan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CIRC, keterampilan menulis ringkasan. |
Subjects: | Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Trias Fitri Ariza |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 08:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 08:27 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3635 |
Actions (login required)
View Item |