PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI KABUPATEN GRESIK

Rizqi, Eka Maulidina (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB III FIX.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik akan lebih cakap dalam menyelesaikan suatu masalah. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika ini dipengaruhi oleh beberapa kemampuan peserta didik lainnya, seperti kemampuan koneksi matematika. Namun, masih banyak peserta didik memiliki ketidakmampuan dalam pemecahan masalah karena mereka cemas dalam menyelesaikan suatu masalah matematika yang biasanya disebut dengan istilah kecemasan matematika. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematika dan pemecahan masalah matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik di UPT SMP Negeri Kabupaten Gresik yang berjumlah 6910 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah anggota sampel sebanyak 378 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika dan pemecahan masalah matematika serta kuesioner kecemasan matematika. Kemudian, data penelitian dianalisis menggunakan model SEM (Structural Equation Model) dengan software AMOS 24. Proses analisis SEM hanya sampai pada uji model keseluruhan (overall mode fit test) dikarenakan data yang digunakan tidak berdistribusi normal dan multikolinieritas. Alternatif yang diambil dalam penelitian ini adalah melakukan evaluasi model structural dengan model Partical Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan software Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemampuan koneksi matematika sebesar 57,6%, kecemasan matematika berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 28,1% dan kemampuan koneksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 60,4%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Kemampuan Koneksi Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Eka Maulidina Rizqi
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:49
Last Modified: 17 Jul 2020 02:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item