MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS NARASI DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Ningtiyas, Shelfia Trie Ayu (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS NARASI DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Wayang kartun merupakan media / alat peraga / alat bantu pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi dongeng yang digerakkan dengan tangan yang bergambar kartun. Manfaat dari menonton wayang kartun ini, peserta didik akan dapat hiburan untuk melepas rasa penat akibat jenuh disaat pembelajaran berlangsung. Melalui media wayang kartun ini, peserta didik dapat memfasilitasi peserta didik dengan menawarkan dan menginformasikan beragam nilai alternative baik-buruk, dan pantas tidaknya wayang kartun ini akan mendorong peserta didik menuju tatanan yang lebih baik melalui pesan-pesan yang disampaikan. Penggunaan media wayang kartun diharapkan dapat memiliki pengaruh besar terhadap keterampilan dan pemahaman siswa dalam menyimak cerita. Media wayang kartun ini dapat di gunakan guru untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran khususnya dalam materi menyimak teks narasi. Media ini terbuat dari kertas yang dilapisi kardus / karton yang berbentuk gambar kartun binatang maupun kartun berbentuk manusia kemudian diberi tangkai untuk dapat memegang wayang kartun tersebut. Penggunaan media wayang kartun ini diharapkan dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menarik dan dapat memberikan contoh gambaran kepada peserta didik mengenai tokoh yang diceritakan, sehingga peserta didik akan merasa senang dan lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran menyimak isi cerita.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wayang Kartun
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shelfia Trie Ayu Ningtiyas
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:44
Last Modified: 11 Nov 2020 01:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item