Penerapan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Peserta Didik Kelas I di MI Muhammadiyah 1 Pelabuhanrejo

Wawan, Wawan (2020) Penerapan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Peserta Didik Kelas I di MI Muhammadiyah 1 Pelabuhanrejo. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Halaman Pengesahan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (294kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Halaman Judul.pdf

Download (447kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Bab 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Bab 2.pdf

Download (467kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Bab 3.pdf

Download (532kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Bab 5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15442004_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK WAWAN (NIM. 15442004). Penerapan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Peserta Didik Kelas I Di MI Muhammadiyah 1 Pelabuhanrejo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Sri Uchtiawati, M.Si, dan Bapak Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media kartu huruf pada peserta didik kelas I di MI Muhammadiyah 1 Pelabuhanrejo tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 7 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes keterampilan membaca dan tes soal, sedangkan instrument penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan penilaian keterampilan membaca pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 71,37% sedangkan ketuntasan soal tes individu mencapai 57,14%. Sehingga pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%. Maka dari itu pembelajaran harus dilanjutkan ke siklus II dan didapatkan penilaian keterampilan membaca pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 85,68% sedangkan ketuntasan soal tes individu mencapai 85,71%. Dari hasil diatas bahwa hasil siklus I dan siklus II mengalami perubahan yaitu peningkatan pada hasil tes keterampilan membaca dan tes soal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reading Skills, Letter Card Media
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: wawan wawan
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:15
Last Modified: 19 Nov 2020 04:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item