Susanti, Dwi (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA STANDAR KOMPETENSI STATISTIK KELAS XI-IA SMA MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU ñ GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Perbedaan bobot materi dan tingkat kemampuan siswa menuntut guru untuk lebih cermat dalam memilih model pembelajaran. Demikian halnya dengan mata pelajaran matematika. Dimana siswa harus memiliki dasar pemahaman materi yang berikutnya yang berurutan. Dalam upaya mendukung Pelaksanaan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sistem pembelajaran pun harus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. Pada penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual, dimana siswa dituntut untuk bekerja dan belajar dalam kelompok asal yang kemudian mendapat permasalah dari guru yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa,. Dalam kelompok asal nantinya siswa akan mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok kepada kelompok lain. Dalam pembelajaran ini siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengungkapkan proses pembelajaran berdasarkan masalah dengan pendekatan kontekstual pada standar kompetensi Statistik dikelas XI-IA, SMA Muhammadiyah 4 Sidayu- Gresik, serta tanggapan siswa tentang pembelajaran tersebut. Subyek penelitian ini adalah kelas XI-IA SMU Muhammadiyah 4 Sidayu- Gresik yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2007- 2008, penelitian ini meliputi pemberian tindakan, pengamatan, tes ketuntasan belajar, dan penyebaran angket pada siswa Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa 72,15% Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran, 86,27% siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan 100% siswa tuntas dalam mencapaian kriteria ketuntasan minimal dalam proses pembelajaran yang diterapakan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 04:05 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 04:05 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4203 |
Actions (login required)
View Item |