Zulianto, Iwan (2009) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN PADA KELAS V MI TARBIYATUL MUWAHHIDIN MOROWUDI CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Selama ini peserta didik menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang penuh dengan hitung-hitungan dan membingungkan, akibatnya banyak peserta didik yang lebih menyukai pelajaran lain yang tidak menuntut keterampilan khusus dalam menyelesaikan masalah-masalah didalamnya. Pada pokok bahasan pecahan, sebagian masalah (soal-soal) disajikan dalam bentuk soal cerita yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kurikulum KTSP mata pelajaran matematika sekolah dasar bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memahami masalah, memecahkan model matematika, menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita pokok bahasan pecahan dan untuk mengetahui letak kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita pada pokok bahasan pecahan. Ada tiga langkah untuk mengerjakan soal cerita pecahan pada penelitian ini, yaitu langkah abstraksi, langkah komputasi dan langkah menafsirkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Muwahhidin Morowudi Cerme Gresik Tahun ajaran 2008/2009. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kemampuan peserta didik kelas V di MI Tarbiyatul muwahhidin termasuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 37,125. Dan letak kesalahan yang paling banyak dilakukan dalam mengerjakan soal cerita adalah langkah menafsirkan dengan kesalahan rata-rata sebesar 94,79 %.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soal cerita, pecahan, langkah abstraksi, langkah komputasi, langkah menafsirkan. |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 01:06 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 01:06 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4211 |
Actions (login required)
View Item |