PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MATERI POKOK KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM MANYAR

Sukanah, Sukanah (2009) PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MATERI POKOK KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi bahkan dibenci oleh sebagian besar siswa sehingga mengakibatkan siswa kurang berhasil dalam belajar matematika. Salah satu faktor penyebab siswa kurang menyukai matematika adalah kurang sesuainya metode pengajaran dengan intelektual anak dan sulitnya menumbuhkan kesenagan siswa terhadap pelajaran matematika. Selama ini metode pembelajaran yang umum diterapkan adalah metode pembelajaran konvesional yang cenderung bersifat searah, artinya guru memberikan materi pembelajaran dan siswa menerimanya sehingga siswa terlihat kurang aktif.untuk mengatasi hal itu perlu suatu metode pembelajaran yang dirasa cukup alternatif tak hanya baik dalam membantu siswa untuk memahami konsep-konsep pelajaran yang sulit, tetapi juga untuk menumbuhkan kemampuan kerja sama dan bersifat kritis. dan juga perlunya menjalin komunikasi antar siswa maupun guru dan siswa. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran yaitu metode bermain. Penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu aktivitas kelompok, respon peserta didik dari ketuntasan peserta didik setelah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas kelompok, mendiskripsikan respon peserta didik pada materi pokok keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskritif dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Yosowilangun. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam kelompok pada pembelajaran metode bermain dikatakan baik dengan kenaikan 0,66 yaitu dari 2,56 menjadi 3,22 respon demikian juga dalam pengisian angket menunjukkan peserta didik senang dengan diterapkannya metode bermain dan hasil ketuntasan belajar peserta didik tergolong tuntas dengan presentase 87,5 %

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, metode, bermain.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:04
Last Modified: 30 Nov 2020 05:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item