EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR HITUNG IT

Romadhani, Ayu Rizky (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR HITUNG IT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (516kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani BAB 2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani BAB 3.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani BAB 5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Ayu Rizky Romadhani Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak peserta didik yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit karena karakteristik matematika yang bersifat abstrak, logis, sistematis, dan penuh dengan lambang serta rumus yang membingungkan. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya adalah inovasi dalam proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap proses pengajaran dan pemebelajaran, dimanfaatkan oleh guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, yaitu pembelajaran Daring. Penerapan pembelajaran ini juga di dukung dengan media “Mistar hitung IT” digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam menghitung operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring pada materi bilangan bulat menggunakan media mistar hitung IT. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain yang digunakan adalah one-shot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas tahun 2020 – 2021 yang terdiri dari 24 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran daring menggunakan media mistar hitung IT, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil penelitian pembelajaran daring matematika menggunakan media mistar hitung IT pada materi bilangan bulat menunjukkan bahwa proses pembelajaran dari aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan sangat baik dengan skor 99,04 dan aktivitas peserta didik dikatan aktif dengan skor 73%, ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal tercapai dengan prosentase 87,5%, dan respon peserta didik positif. Karena keempat indikator telah tercapai, maka pembelajaran daring matematika menggunakan media mistar hitung IT pada materi bilang bulat dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran daring, media mistar hitung IT, bilangan bulat
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ayu Rizky Romadhani
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:52
Last Modified: 26 Feb 2021 06:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item