Yanti, Nur Rohmah (2020) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS II MI MUHAMMADIYAH GOLOKAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas-dikonversi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan-dikonversi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul-dikonversi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 -dikonversi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2-dikonversi.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3-dikonversi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
Bab 4 -dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
|
Text
Bab 5 -dikonversi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran-dikonversi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil wawancara dengan guru kelas terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran mata pelajaran tematik khususnya pada aspek ketrampilan menulis masih belum memuaskan, hal ini dilihat dari awal bahwa terdapat 14 peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM, ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang kurang bisa mengembangkan isi gagasan dan tidak bisa menggunakan huruf capital dan tanda baca yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada peserta didik kelas II MI Muhammadiyah Golokan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secaran kolaboratif bersama guru kelas. Desain penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrument yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui peningkatan ketrampilan menulis narasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan ketrampilan menulis narasi peserta didik. Didapatkan peningkatan ketrampilan menulis narasi dari data awal secara klasikal sebesar 39,13% meningkat pada siklus 1 sebesar 82,61% atau sebanyak 19 peserta didik yang tuntas. Sehingga pada siklus 1 telah melampaui ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 70%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan Menulis Narasi, Model Pembelajaran Picture And Picture. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nur Rohmah Yanti |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 07:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 07:31 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4823 |
Actions (login required)
View Item |