IMPLEMENTASI HAFALAN AL-QUR’AN DALAM PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kelas Al-Qur’an Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Bojonegoro)

Wahyudi, Wahyudi (2021) IMPLEMENTASI HAFALAN AL-QUR’AN DALAM PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kelas Al-Qur’an Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Bojonegoro). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR ABSTARK(1).pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (347kB)

Abstract

Pendidikan sebagai komponen rekayasa, merupakan peluang besar untuk menciptakan situasi dan kondisi yang dapat mengarahkan anak agar tumbuh dan berkembang menjadi manusia-manusia yang berkualitas sebagai kader pembangunan bagi masa depan umat. Sebagai lembaga pendidikan, sistem pengajaran diupayakan mampu menghasilkan anak didik yang mempunyai kualitas iman, ilmu, dan amal. SDIT Insan Permata Bojonegoro mengintegrasikan sistem pendidikan agama dan pendidikan umum yang tercermin pada kurikulum yang memuat pelajaran umum dan pendidikan agama yang berupa target hafalan Al-Qur’an yang menjadi salah satu jaminan atau quality assurance yang ditawarkan oleh SDIT Insan Permata Bojonegoro kepada masyarakat umumnya. Selain itu untuk lebih meningkatkan hafalan siswa-siswi, maka SDIT Insan Permata Bojonegoro membuat trobosan baru dengan membuka kelas Al-Qur’an yaitu sebuah kelas khusus untuk penghafal Al-Qur’an yang semua kurikulum pembelajarannya terintegral dengan kurikulum sekolah umumnya. Mendidik anak usia sekolah dasar yaitu antara 7-12 tahun dalam proses pengajaran penghafalan Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah karena pada tahapan ini dapat dibagi menjadi dua tahapan yaitu pertama berinteraksi dengan anak usia 7-10 tahun dimana seorang anak itu lebih membutuhkan bimbingan, dukungan dan dorongan daripada siksaan, sanksi dan celaan. Kedua, berinteraksi dengan anak berusia 11-13 tahun. Kemampuan daya tangkap anak akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia dan bersama dengan itu pula mulai tumbuh potensi-potensi anak yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an. Berawal dari latar belakang tersebut maka peneliti tertarik untuk membahasnya dalam skripsi yang berjudul “Implikasi hafalan Al-Qur’an dalam prestasi belajar siswa Sekolah Dasar (studi kasus di kelas Al-Qur’an Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Bojonegoro)” Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan hafalan Al-Qur’an siswa kelas Al-Qur’an SDIT Insan Pemata Bojonegoro dan mendeskripsikan ada atau tidaknya implikasi hafalan Al-Qur’an pada siswa kelas Al-Qur’an SDIT Insan Permata Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun untuk data yang berupa angka (data kuantitatif), dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan cara menghitung nilai rata-rata kemudian dideskripsikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pelaksanaan hafalan Al-Qur’an di kelas Al-Qur’an SDIT Insan Permata Bojonegoro sudah bagus, hal ini terbukti dengan adanya kelas khusus yang memfokuskan pada hafalan Al-Qur’an sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak yang hendak menghafal, adanya guru yang hafidz dan instruktur dalam menghafal Al-Qur’an, dan adanya program tes dan wisuda bagi setiap siwa yang sudah menyelesaikan satu juz hafalannya sehingga anak merasa dihargai dan bisa melestarikan hafalan Al-Qur’an yang dimiliki. Hafalan Al-Qur’an siswa kelas Al-Qur’an berimplikasi positif terhadap prestasi belajar siswa. Secara psikologis Secara psikologi, aktivitas menghafal Al-Qur’an menimbulkan efek ketenangan jiwa, kesadaran untuk berbagi, melatih management waktu. Secara fisiologis, kebiasaan menghafal Al-Qur’an membuat indra penglihatan dan pendengaran menjadi familiar dengan ayat-ayat yang telah dihafal, serta melatih memori otak untuk mengingat sehingga memudahkan siswa untuk dapat menghafal pengetahuan lain selain Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menghafal, Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Belajar
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Wahyudi Wahyudi
Date Deposited: 31 Mar 2021 04:09
Last Modified: 31 Mar 2021 04:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item