KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

Aprilia, Dwi Efi (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan publikasi.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I ok.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
9. BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan komunikasi matematis, peserta didik dapat menjelaskan bentuk simbol-simbol atau istilah-istilah matematika menjadi bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti, serta dapat mengubah ide atau informasi yang diperoleh menjadi sebuah simbol, grafik, gambar ataupun diagram. Komunikasi matematis biasanya diwujukan dalam soal cerita. Dalam menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik terlebih dahulu dituntut untuk dapat memahami isi soal tersebut, kemudian merubah kalimat dalam soal tersebut menjadi bentuk simbol, gambar, grafik, tabel model matematika ataupun yang lainnya sehingga mereka lebih mudah untuk menyelesaikan soal cerita tersebut. Untuk itu kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 7 Cerme tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada peserta didik terlebih dahulu dilakukan uji validitas isi yang dilakukan oleh dua guru matematika dan satu dosen matematika. Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis tertulis yang dimiliki peserta didik kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 7 Cerme dalam menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 60,54% dan dapat dikriteriakan baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Dwi Efin Aprilia
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:02
Last Modified: 30 Aug 2021 03:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item