"ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM YANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN"

Arifah, Feryna Anisatul (2021) "ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM YANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORIENTASI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (263kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (891kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika sangat penting bagi peserta didik, dengan adanya kemampuan komunikasi matematika peserta didik dapat menjelaskan, mendeskripsikan, dan menganalisis. Kemampuan komunikasi matematika dibagi menjadi dua, yakni kemampuan komunikasi matematika lisan dan kemampuan komunikasi matematika tulis. Dalam penelitian ini membahas kemampuan komunikasi matematika secara tulis. Pentingnya kemampuan komunikasi matematika secara tertulis terhadap peserta didik, dapat menyelesaikan soal dengan baik ketika komunikasi tulis berbentuk uraian dan mengetahui kata-kata, tabel, alat, yang menggambarkan dalam bentuk tulis. Banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam mempelajari matematika salah satunya yaitu faktor teknologi dan tipe kepribadian. Banyak sekolah yang menuntut sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang ditinjau dari tipe kepribadian dengan pendekatan STEM. Subjek penelitian ini adalah empat peserta didik kelas VII-D SMP Islamic Qon tahun ajaran 2020/2021, yakni peserta didik Artisan, Idealist, Guardian, dan Rasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tipe kepribadian, tes kemampuan komunikasi matematika, dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada empat indikator kemampuan komunikasi matematika yakni : (I1) siswa mampu mengorganisasikan dan menggabungkan pemikiran atau ide matematika melalui komunikasi, (I2) siswa mampu menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara tepat, (I3) siswa mampu mengkomunikasikan pemikiran matematika secara logis dan jelas kepada teman, guru dan lainnya, (I4) siswa mampu menganalisis dan mengevaluasi pemikiran dan strategi lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh empat tipe kepribadian, pada peserta didik dengan tipe kepribadian Artisan mampu menguasai I1, I2, dan I4 namun kurang menguasai I3, peserta didik dengan tipe kepribadian Idealist mampu menguasai I1 namun masih kurang menguasai atau kurang teliti I2, I3, dan I4, peserta didik dengan tipe kepribadian Guardian mampu menguasai I1, I2, dan I3 namun kurang menguasai I4, peserta didik dengan tipe kepribadian Rasional mampu menguasai I1, I3, dan I4 namun peserta didik kurang menguasai I2.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Kemampuan Komunikasi Matematika
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Feryna Anisatul Arifah
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:58
Last Modified: 31 Aug 2021 02:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item