PENGEMBANGAN POPSCRAP BOOK BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI PULAU JAWA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anifah, Masning Azimatul (2020) PENGEMBANGAN POPSCRAP BOOK BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI PULAU JAWA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2016_TA_PGSD_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kevalidan media Popscrap Book pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Pulau Jawa di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi metode 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahapan, yakni : tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi, revisi, dan uji coba secara terbatas, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi media pembelajaran dan materi pembelajaran. Subjek penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Gresik untuk memvalidasi media dan di UPT SDN 34 Gresik, untuk memvalidasi materi dan desain media pada semester genap tahun ajaran 2020. Subjek penelitian ini adalah validator media (Nataria Wahyuning S, M.Pd dan Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd) sedangkan validator materi (Ninik Sukarniwat, S.Pd dan Fahrotus Sa’idah, S.Pd.I). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan memberikan lembar validasi media pembelajaran dan lembar validasi materi pembelajaran. Lembar validasi tersebut digunakan sebagai alat bagi validator untuk memperoleh data yang valid dari media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media Popscrap Book keragaman suku bangsa dan budaya di Pulau Jawa untuk kelas IV Sekolah Dasar memenuhi indikator kevalidan , yaitu : a) hasil validasi dari 2 validator ahli media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata persentasi sebesar 86,25% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, b) hasil validasi dari 2 validator ahli materi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata persentasi sebesar 93,75% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi pembelajaran yang termuat dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, popscrap book keragaman suku dan budaya, model 4-D
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Masning Azimatul Anifah
Date Deposited: 19 May 2023 02:54
Last Modified: 19 May 2023 02:54
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7896

Actions (login required)

View Item View Item