Pengembangan Media PAPIMAG (Papan Pintar Magnetik) Materi Simbol Rambu Lalu Lintas Kelas 3 Sekolah Dasar

Suharyani, Dwi Retno (2023) Pengembangan Media PAPIMAG (Papan Pintar Magnetik) Materi Simbol Rambu Lalu Lintas Kelas 3 Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas dari media papimag pada materi lambang dan simbol rambu lalu lintas untuk peserta didik kelas 3 sekolah dasar. Model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis tahapan awal adalah analisis kinerja yang dapat dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi didalam kelas. Design merancang atau menyusun kerangka pembuatan media dari desain media, materi. Development mengembangkan media pembelajaran bedasarkan rancangan awal. Implementation melakukan uji coba media dalam proses pembelajaran. Evaluation pada tahap ini dilakukan revisi akhir terhadap media yang dikembangkan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 UPT SD Negeri 131 Gresik yang berjumlah yaitu sebanyak 18 peserta didik. Model Pembelajaran yang digunakan saat implementasi menggunakan 3 model yang pertama Teams Group Tournament, Inquiry Based Learning, dan Diskusi Kelompok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi dan angket peserta didik. Analisis data yang diperoleh dari lembar validasi ahli media aspek kegrafikan memperoleh presentase 90% dan aspek kebahasaan memperoleh presentase 91,6%, sedangkan validasi ahli materi aspek penyajian memperoleh presentase 75% dan aspek kelayakan isi memperoleh presentase 100% dengan kriteria “sangat baik”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rambu Lalu Lintas, Petunjuk, Peringatan, Larangan, Perintah
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: DWI RETNO SUHARYANI
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:26
Last Modified: 15 Sep 2023 07:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item