EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN MARGOANYAR

PUSPASARI, YUDITYA (2019) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN MARGOANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke efektifan penerapan metode role playing pada proses pembelajaran tema 2 di SDN Margoanyar. Berdasarkan informasi awal yang penulis dapatkan proses pembelajaran tema 2 di sekolah tersebut belum efektif. Ketidak efektivan dalam proses pembelajaran diakibatkan masih mengunakan metode konvensional dan minat belajar peserta didik dalam materi pada tema 2 masih kurang. Hal ini juga mengakibatkan hasil pembelajaran pada tema 2 tidak maksimal. Berdasarkan data sementara yang diperoleh, sebagian besar peserta didik belum memenuhi nilai KKM, dalam tema 2 nilai Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 70. Subjek penelitian terdapat sebanyak 16 orang peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema 2. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, didapatkan peningkatan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:00
Last Modified: 12 Apr 2019 07:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item