Susanti, Dewi (2024) Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy Tinjauan Self Efficacy. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORSINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang telah didapat untuk menemukan solusi atau cara untuk menyelesaikan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs. Penaber, Sukaoneng, Kecamatan Tambak. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 20 peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan self efficacy peserta didik. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah kemudian dianalisis berdasarkan self efficacy peserta didik. Sebagai pelengkap data kemampuan pemecahan masalah peserta didik, maka dilakukan wawancara pada masing-masing tingkat kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi dan self efficacy tinggi memiliki nilai rata-rata sebesar 87. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi dan self efficacy sedang memiliki nilai rata-rata sebesar 93. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang dan self efficacy sedang memiliki nilai rata-rata sebesar 76,5. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang dan self efficacy rendah memiliki nilai rata-rata sebesar 70, dan peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah rendah dan self efficacy rendah memiliki nilai rata-rata sebesar 38.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, self efficacy |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Dewi Susanti |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 17:29 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 17:29 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12090 |
Actions (login required)
View Item |