Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy Tinjauan Self Efficacy

Susanti, Dewi (2024) Analisis Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual : Tinjauan Self Efficacy Tinjauan Self Efficacy. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORSINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang telah didapat untuk menemukan solusi atau cara untuk menyelesaikan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs. Penaber, Sukaoneng, Kecamatan Tambak. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 20 peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan self efficacy peserta didik. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah kemudian dianalisis berdasarkan self efficacy peserta didik. Sebagai pelengkap data kemampuan pemecahan masalah peserta didik, maka dilakukan wawancara pada masing-masing tingkat kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi dan self efficacy tinggi memiliki nilai rata-rata sebesar 87. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi dan self efficacy sedang memiliki nilai rata-rata sebesar 93. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang dan self efficacy sedang memiliki nilai rata-rata sebesar 76,5. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang dan self efficacy rendah memiliki nilai rata-rata sebesar 70, dan peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah rendah dan self efficacy rendah memiliki nilai rata-rata sebesar 38.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, self efficacy
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Dewi Susanti
Date Deposited: 12 Apr 2024 17:29
Last Modified: 12 Apr 2024 17:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item