Pengaruh Pemberian Metode Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Di TK Dharma Wanita Al-Mu’Minah Desa Sembayat Gresik

Lidiah, Putri (2024) Pengaruh Pemberian Metode Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Di TK Dharma Wanita Al-Mu’Minah Desa Sembayat Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (445kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB 7.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tahap perkembangan yang dialami oleh seorang anak diantaranya perkembangan dalam aspek motorik halus. Motorik halus adalah bagian dari kemampuan anak untuk mengamati dan melakukan gerakan yang melibatkan bagian tubuh tertentu saja dengan otot-otot kecil tetapi memerlukan koordinasi yang cermat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian metode permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah di TK Dharma Wanita Al-Mu’minah Desa Sembayat Gresik. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental (One Group Pre post test). Populasi pada penelitian ini yaitu anak prasekolah sebanyak 119 anak. Sampel yang diambil sejumlah 46 anak. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Observasi KPSP. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji Wilxocon Signed Ranks Test.Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberi terapi kategori meragukan sebanyak 56,5% dan sesuai 43,5%, setelah diberi terapi sebagian besar 78,3% anak dengan perkembangan motorik halus sesuai. Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan nilai (p=0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini adalah pemberian permainan puzzle dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak. Terdapat pengaruh pemberian metode permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah dan diharapkan bagi pihak guru lebih meningkatkan perkembangan motorik halus anak dengan memberikan stimulasi, salah satunya memberikan permainan puzzle di TK Dharma Wanita Al Mu’minah Desa Sembayat Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Puzzle, Motorik Halus, Prasekolah
Subjects: Health
Health > Nursing
Divisions: Faculty of Health > Nursing Study Program
Depositing User: Putri Lidiah
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:29
Last Modified: 14 Nov 2025 09:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15191

Actions (login required)

View Item View Item