Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik

Maharni, Poppy Putri Is (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (301kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
5. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (720kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang telah didapatkan untuk mencari solusi atau jalan keluar terhadap persoalan matematika yang belum dikenalnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 5 Gresik pada tahun ajaran 2024//2025. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik kelas IX-E yang dipilih berdasarkan kategori self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan tingkat kategori self-efficacy peserta didik. Hasil tes dan wawancara digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya pada setiap kategori self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang baik dengan memenuhi semua tahapan pemecahan masalah Polya. Peserta didik dengan self-efficacy sedang hanya memenuhi tiga dari empat tahapan pemecahan masalah Polya. Peserta didik dengan self-efficacy rendah, hanya memenuhi satu dari empat tahapan Polya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy, spldv
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Poppy Putri Is Maharni
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:27
Last Modified: 09 Dec 2025 04:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15259

Actions (login required)

View Item View Item