Maharni, Poppy Putri Is (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
5. HALAMAN JUDUL.pdf Download (720kB) |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (452kB) |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (557kB) |
|
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
10. BAB V.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang telah didapatkan untuk mencari solusi atau jalan keluar terhadap persoalan matematika yang belum dikenalnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 5 Gresik pada tahun ajaran 2024//2025. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik kelas IX-E yang dipilih berdasarkan kategori self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan tingkat kategori self-efficacy peserta didik. Hasil tes dan wawancara digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya pada setiap kategori self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang baik dengan memenuhi semua tahapan pemecahan masalah Polya. Peserta didik dengan self-efficacy sedang hanya memenuhi tiga dari empat tahapan pemecahan masalah Polya. Peserta didik dengan self-efficacy rendah, hanya memenuhi satu dari empat tahapan Polya.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy, spldv |
| Subjects: | Education Mathematic Education |
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
| Depositing User: | Poppy Putri Is Maharni |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 04:27 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 04:27 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
