PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SD NEGERI 35 GRESIK

Putri, Ika Sari Prastiwi (2022) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SD NEGERI 35 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode card sort dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I UPT SD Negeri 35 Gresik. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dalam dua kali pertemuan dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I UPT SD Negeri 35 Gresik yang berjumlah 42 peserta didik terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2019, Sumberdata berasal dari guru dan peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu rubrik penilaian membaca permulaan, lembar catatan observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Setelah menggunakan penerapan metode card sort adanya peningkatan hasil belajar peserta didik berhenti ketika target ketuntasan telah tercapai.Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa hal kemampuan membaca permulaan peserta didik masih di bawa KKM dengan volai presentase peserta didik sebanyak 73,17%. Sedangkan pada tindakan siklus II dalin penerapan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca permail peserta didik dengan nilai presentase sebanyak 88%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Kemampuan Membaca Permatan
Subjects: Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ika Sari Pprastiwi Putri
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:19
Last Modified: 19 Aug 2022 08:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item View Item