PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPS BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DI JAWA TIMUR UNTUK KELAS IV SD

Sukmasari, Syifaul Fuadiyah (2020) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPS BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DI JAWA TIMUR UNTUK KELAS IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI SYIFA.pdf

Download (353kB)
[img] Text
3 HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIASI TUGAS SYIFA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
4 HALAMAN JUDUL SYIFA.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar keragaman suku bangsa edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan3 tahap yaitu, Pendefinisian (Define),Perancangan (Design),Pengembangan (Develop). Pada tahap ini, pengembangan Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) tidak dapat diaplikasikan kepada peserta didik karena adanya aturan pemerintah untuk menerapkan Physical Distancing.Maka, langkah-langkah pengembangan modul ajar ini yaitu melakukan validasi dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli materi yakni guru kelas di SD Muhammadiyah 1 Pucuk Lamongan dan 2 validator media yakni Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) telah melalui serangkaian validasi oleh ahli materi dan media, hasil akhir dari validasi kelayakan modul memperoleh skor rata-rata sebesar 82,76 dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: model-4-D,modul ajar,keragaman suku bangsa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model-4-D,modul ajar,keragaman suku bangsa
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Syifaul Fuadiyah Sukmasari
Date Deposited: 20 Oct 2022 09:17
Last Modified: 20 Oct 2022 09:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item