Sukmasari, Syifaul Fuadiyah (2020) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPS BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DI JAWA TIMUR UNTUK KELAS IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI SYIFA.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
3 HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIASI TUGAS SYIFA.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
4 HALAMAN JUDUL SYIFA.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar keragaman suku bangsa edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan3 tahap yaitu, Pendefinisian (Define),Perancangan (Design),Pengembangan (Develop). Pada tahap ini, pengembangan Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) tidak dapat diaplikasikan kepada peserta didik karena adanya aturan pemerintah untuk menerapkan Physical Distancing.Maka, langkah-langkah pengembangan modul ajar ini yaitu melakukan validasi dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli materi yakni guru kelas di SD Muhammadiyah 1 Pucuk Lamongan dan 2 validator media yakni Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) telah melalui serangkaian validasi oleh ahli materi dan media, hasil akhir dari validasi kelayakan modul memperoleh skor rata-rata sebesar 82,76 dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: model-4-D,modul ajar,keragaman suku bangsa
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model-4-D,modul ajar,keragaman suku bangsa |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Syifaul Fuadiyah Sukmasari |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 09:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 09:17 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6625 |
Actions (login required)
View Item |