Sa'adah, Nurus (2022) INOVASI BISNIS “TOKO BAROKAH” MELALUI SERVICE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DI TENGAH PERSAINGAN USAHA TOKO RETAIL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
4. Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB V.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
11. Lampiran.pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
Toko Barokah adalah toko retail yang keberadaannya cukup penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Khususnya menyediakan kebutuhan sparepart sepeda motor, sepeda angin, kebutuhan alat listrik dan elektronik. Saat ini sudah berdiri selama 36 tahun dan mampu berkembang mengikuti perilaku pasar serta mampu bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis toko Barokah melalui inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pada toko Barokah yang berada di Desa, Kentong Dusun, kalimalang Kecamatan, Glagah Kabupaten, Lamongan. Data penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara 1 orang pemilik usaha, 1 karyawan, 3 orang supplier, 15 orang pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa toko Barokah sudah menerapkan 9 elemen bisnis model. 2 tipe inovasi juga sudah dilakukan yaitu inovasi layanan berupa strategi guarantee kepuasan dan kualitas barang menjadikan pelanggan setia kepada toko Barokah. Penerapan inovasi layanan berupa strategi added value yang dilakukan dengan cara memberikan kenyamanan dalam proses transaksi di antaranya adanya fasilitas tempat parkir luas lokasi toko strategis dan dekat dengan area publik. Sedangkan pada inovasi customer engagement, strateginya adalah dengan cara menambah segmen pasar yaitu anak-anak dengan menambahkan produk makanan dan minuman yang di jual di lokasi yang sama. Inovasi dan strategi yang diterapkan ini telah mampu meningkatkan arus pendapatan toko Barokah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toko Barokah, Business Model Canvas (BMC), Persaingan Usaha, Ten Types Innovation |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | Nurus Sa'adah |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 09:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 09:12 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8089 |
Actions (login required)
View Item |