INOVASI BISNIS “TOKO BAROKAH” MELALUI SERVICE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DI TENGAH PERSAINGAN USAHA TOKO RETAIL

Sa'adah, Nurus (2022) INOVASI BISNIS “TOKO BAROKAH” MELALUI SERVICE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DI TENGAH PERSAINGAN USAHA TOKO RETAIL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Lampiran.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Toko Barokah adalah toko retail yang keberadaannya cukup penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Khususnya menyediakan kebutuhan sparepart sepeda motor, sepeda angin, kebutuhan alat listrik dan elektronik. Saat ini sudah berdiri selama 36 tahun dan mampu berkembang mengikuti perilaku pasar serta mampu bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis toko Barokah melalui inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pada toko Barokah yang berada di Desa, Kentong Dusun, kalimalang Kecamatan, Glagah Kabupaten, Lamongan. Data penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara 1 orang pemilik usaha, 1 karyawan, 3 orang supplier, 15 orang pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa toko Barokah sudah menerapkan 9 elemen bisnis model. 2 tipe inovasi juga sudah dilakukan yaitu inovasi layanan berupa strategi guarantee kepuasan dan kualitas barang menjadikan pelanggan setia kepada toko Barokah. Penerapan inovasi layanan berupa strategi added value yang dilakukan dengan cara memberikan kenyamanan dalam proses transaksi di antaranya adanya fasilitas tempat parkir luas lokasi toko strategis dan dekat dengan area publik. Sedangkan pada inovasi customer engagement, strateginya adalah dengan cara menambah segmen pasar yaitu anak-anak dengan menambahkan produk makanan dan minuman yang di jual di lokasi yang sama. Inovasi dan strategi yang diterapkan ini telah mampu meningkatkan arus pendapatan toko Barokah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toko Barokah, Business Model Canvas (BMC), Persaingan Usaha, Ten Types Innovation
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Nurus Sa'adah
Date Deposited: 14 Jun 2023 09:12
Last Modified: 14 Jun 2023 09:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item