Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV MI Muhammadiyah Golokan

Unaisah, Siti (2024) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV MI Muhammadiyah Golokan. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2029.

Download (716kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar matematikapada materi pecahan di kelas IV, peneliti menggunakan materi pecahan senilai. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik dengan jumlah 13 peserta didik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara kepada guru dan peserta didik, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Data analisis dengan 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini terdapat 3 kesulitan peserta didik yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan berhitung dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor dari dalam diri peserta didik. Sedangkan faktor eksternal terdapat dari luar diri peserta didik. Disarankan sebagai guru agar mengajarkan matematika sesuai dengan teori belajar matematika dan juga disertai alat peraga untuk meningkatkan motivasi peserta didik dan menumbuhkan sikap positif. Bagi peserta didik seharusnya memiliki sikap positif pada mata pelajaran matematika dan memberbanyak latihan soal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: does not support learning, mathematics, internal and external factors
Subjects: English Education > Children Literature
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Unaisah
Date Deposited: 28 Apr 2024 19:09
Last Modified: 28 Apr 2024 19:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item