Zalianty, Nafa Pravita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Teks nonfiksi Kelas 5. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Teks Nonfiksi Kelas 5. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. Dosen Pembimbing (I) Nanang Khoirul Umam, M.Pd. dan Dosen Pembimbing (II) Ismail Marzuki, S.Ag.M.Pd.Keterampilan menulis merupakan salah satu empat keterampilan berbahasa yang diperoleh oleh siswa. Keterampilan menulis pada kelas 5 di MI Muhammadiyah 1 Gumeno terdapat permasalahan bahwa siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan menulis karangan serta siswa sulit merangkai kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis karangan teks nonfiksi kelas 5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan desain eksperimen lemah (Pre Experiment) dengan metode yang hanya menggunakan 1 kelompok perlakuan dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Lokasi penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah 1 Gumeno. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 5 MI Muhammadiyah 1 Gumeno yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes terdiri dari pretest yang diberikan sebelum perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan posttest diberikan setelah perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian pada uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis karangan teks nonfiksi kelas 5.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Think Talk Write, Keterampilan Menulis, Teks Nonfiksi |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nafa Pravita Zalianty |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:06 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |