PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN PANJANG MELALUI PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR

Sakinah, Eka Indi Ratih (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN PANJANG MELALUI PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (85kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (197kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (389kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Bab 1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Bab 2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Bab 3.pdf

Download (369kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Bab 5.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441072_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengukuran panjang melalui pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada peserta didik kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengetahui peningkatan pengukuran panjang pada peserta didik dengan cara praktek mengukur benda-benda yang ada di sekitar menggunakan alat ukur panjang (mistar, mikrometer sekrup, dan jangka sorong) secara langsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo Lamongan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 peserta didik. Metode penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penilaian pada penelitian ini menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengukur sejauh mana pendekatan PMRI dalam meningkatkan kemampuan pengukuran panjang pada peserta didik. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pengukuran panjang dengan menggunakan pendekatan PMRI dengan mengerjakan lembar kerja peserta didik terdapat 1 dari 8 peserta didik yang belum tuntas pada pengukuran panjang menggunakan alat ukur mistar, pada pengukuran panjang menggunakan alat ukur mikrometer sekrup terdapat 3 dari 8 peserta didik yang belum tuntas, sedangkan pada pengukuran panjang menggunakan alat ukur jangka sorong terdapat 3 dari 8 peserta didik yang belum tuntas dikarenakan nilai belum mencapai kriteria aspek pengukuran yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia), kemampuan pengukuran panjang.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Eka Indi Ratih Sakinah
Date Deposited: 18 Feb 2021 14:34
Last Modified: 18 Feb 2021 14:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item