Salmiyah, Salmiyah (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika proses berpikir sangat dibutuhkan agar ia mampu memahami konsep-konsep matematika yang dipelajari serta mampu menggunakan konsep-konsep tersebut secara tepat ketika ia harus mencari jawaban dari berbagai soal matematika. Kemampuan matematika yang lebih tinggi diantaranya adalah kemampuan berpikir reflektif matematis. Berpikir reflektif sangat penting bagi guru dan peserta didik. berpikir reflektif ini kurang mendapatkan perhatian sehingga jarang dikembangkan dan diperkenalkan kepada peserta didik maka dari itu kemampuan berpikir reflektif ini masih rendah. Selain kemampuan berpikir reflektif yang diperhatikan ada juga yaitu gaya belajar karena dengan mengetahui gaya belajar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya. Dengan kemampuan berpikir reflektif matematis yang ditinjau dari gaya belajarnya diharapkan peserta didik mampu memahami masalah, mengaitkan konsep, menyelesaikan masalah matematika dan dapat menarik kesimpulan dari suatu permasalah pada materi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A UPT SMP Negeri 7 Gresik sebanyak 30 peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Hasil data yang diperoleh digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata sebesar 70% termasuk kriteria sedang dan memenuhi 4 indikator. Kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki rata-rata sebesar 58,7% termasuk kriteria rendah dan memenuhi 4 indikator. Kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki rata-rata sebesar 72% termasuk kriteria tinggi dan memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir reflektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, berpikir reflektif, gaya belajar |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Salmiyah Salmiyah |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 06:56 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4756 |
Actions (login required)
View Item |