Baharudin, Muhammad Bayu (2022) PENERAPAN DESAIN KELAS MODEL ‘’U’’ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI UPT SD NEGERI 73 GRESIK KELAS IV. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan sesuatu yang dapat merubah perilaku peserta didik untuk menjadi lebih baik dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang maksimal.Motivasi sangat diperlukan dalam kegiatan belajar yang sedang berlangsung, karena motivasi berperan sebagai daya penggerak di dalam diri yang mendukung kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar dapat dikatakan sebagaisuatu dorongan yang membuat seseorang melakukan tindakan tertentu guna mencapai suatu tujuan, baik secara internal atau eksternal dengan harapan memperoleh ketuntasan hasil belajar yang mana hasil belajar yang diperoleh diatas kkm. Akan tetapi masih ada peserta didik yang motivasi belajarnya rendah. Pengaturan desain kelas model “U” adalah semua peserta didik dapat berhadapan langsung dan berinteraksi secara langsung dengan guru, sehingga akan lebih fokus saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif melalui penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh desain kelas model U terhadap motivasi belajar matematika pada materi luas persegi. Teknik pada penellitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupaobservasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh desain kelas model U sangat berpengaruh terhadapmotivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada aktivitas peserta didik, yang manadalam penelitian ini sebagian sudah dapat mengikuti dengan baik. Aktivitas guru pada saat penelitian masih belom bisa mengkondisikan peserta didik dengan tertib dan tidak rami namun guru sudah bisa menerapkan desain kelas model U dalam pembelajaran. Kesulitan yang dialami peserta didik pada umumnya lupa dengan materi tersebut ataupun belom paham dan masih ada peserta didik sulit fokus ketika pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Desain Kelas Model U |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Muhammad Bayu Baharudin |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 08:47 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8004 |
Actions (login required)
View Item |